MAKALAH
STUDY KELAYAKAN BISNIS
Dosen Pengasuh :Tengku Fryska D Sinar
SE.,Msi.,AK.,CA
DISUSUN OLEH:
AMALIA PRATIWI 14.833.0088
SUCI AYU KHADIJAH 14.833.0026
PARDAMAIAN SINAGA 14.833.0170
HERYANDO SINAGA 14.833.0054
EDY PRABOWO 14.833.0024
FAKULTAS EKONOMI- AKUNTANSI
UNIVERSITAS MEDAN AREA 2015/2016
KATA PENGANTAR
Puji syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha
Esa, atas segala limpahan rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat
menyelesaikan tugas makalah “Study Kelayakan Bisnins” ini dengan baik. Yang diberikan oleh Ibu Tengku Friska D.Sinar,SE,M.Si,AK.CA
selaku dosen pengasuh Study Kelayakan Bisnis.
Makalah ini dibuat agar menambah pengetahuan kita mengenai bagaimana cara menjalankan suatu usaha.
Sebelum kita melangkah lebih
jauh,diperlukan suatu pemahaman khusus mengenai hal-hal mendasar dalam mendirikan suatu usaha . Ini
diperlukan untuk menerapakn cara berfikir, bersikap, dan bertindak dalam rangka
membuka peluang dalam suatu usaha.
Untuk itu, penulisan makalah ini, diharapkan dapat bermanfaat bagi kita semua
termasuk penulis.
Penulisan makalah ini dapat
terselenggara berkat dukungan dari narasumber
dan teman-teman satu tim
Kami mohon maaf jika makalah ini memiliki banyak
kekurangan, maka dari itu kami
mengharapkan agar para pembaca makalah ini dapat memberikan saran serta
kritiknya untuk perbaikan yang semestinya.
Medan, Juni
2016
Penulis
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
BAB 1 PENDAHULUAN ........................................................................................... 1
BAB 1 PENDAHULUAN ........................................................................................... 1
1.1 Latar Belakang ...........................................................................................
1
1.2 Rumusan Masalah ...........................................................................................
1
1.3 Tujuan Penulisan ...........................................................................................
2
1.4 Tujuan Pengembangan Usaha
..........................................................................................2
1.5 Study Kelayakan Bisnis ...........................................................................................
2
BAB 2 INFORMASI UMUM ...........................................................................................
3
2.1 Profil Usaha ...........................................................................................
3
2.2 Strategi Harga ...........................................................................................
3
2.3 Strategi Pemasaran ...........................................................................................
3
BAB 3 ASPEK PRODUK ...........................................................................................
4
3.1 Gambaran Produk ...........................................................................................
4
BAB 4 ANALISIS SWOT ...........................................................................................
5
BAB 5 PERENCANAAN KEUANGAN
....................................................................................
6
5.1 Biaya Tetap ...........................................................................................
6
5.2 Biaya Variabel ...........................................................................................
6-7
BAB 6 PENUTUP ...........................................................................................
8
6.1 Kesimpulan ...........................................................................................
8
6.2 Saran ...........................................................................................
8
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Melihat perkembangan
zaman dan lingkungan maka orang sekarang mulai berhati-hati dalam memilih dan
membeli sesuatu. Salah satu hal dimana orang sangat berhati-hati dan teliti
sekali dalam memilih dan membeli adalah ketika masyarakat membeli makanan.
Zaman dulu orang membeli makanan hanya berpedoman pada rasanya yang enak dan
murah, ini terutama bagi kalangan menengah kebawah. Dua hal inilah yang menjadi
prioritas utama dalam membeli makanan. Mereka tidak begitu memikirkan kandungan
gizi dan nutrisi yang terkandung didalam makanan yang mereka beli. Akan tetapi
akhir-akhir ini kecenderungan masyarakat kita dalam membeli makanan adalah
memperhatikan rasa,gizi yang terkandung dalam makanan tersebut,baru kemudian
memikirkan harga.
Oleh karena itu Burger
Lahar menjadi pilihian masyarakat untuk dijadikan makanan penunda lapar, dimana
dari segi rasa Burger menawarkan rasa yang di tawarkan dan enak,dari segi gizi
juga memenuhi kebutuhan gizi manusia.
Burger merupakan salah satu produk makanan yang
banyak di gemari konsumen. Rasanya yang lezat dan murah harganya,yang ditawarkan
menjadikan produk tersebut sebagai alternatif tepat untuk menemani waktu santai
anda bersama rekan dan keluarga. Seiring dengan meningkatnya permintaan
konsumen, kini Burger Lahar mulai diinovasikan dengan berbagai topping seperti Sosis,Smoked beef, dan komplit. Meskipun
Burger Lahar ini belum terkenal dimasyarakat luas, namun perkembangannya sudah
sangat pesat, sehingga banyak konsumen yang tertarik dengan Burger Lahar ini.
1.2
Rumusan Masalah
1) Mengapa
memilih nama KEDAIADEEVA?
2) Berapa
modal awal pendirin usaha?
3) Bagaimana
cara mempromosikan usaha ini?
1.3
Tujuan Penulisan
Makalah ini disusun
tidak hanya sekedar untuk memenuhi tugas tetapi juga bagi pembaca agar dapat
mengetahui permaslahan yang muncul serta pembahasan yang menjadi jalan keluar
atas masalah yang dihadapi burger lahar.
1.4
Tujuan Pengembangan Usaha
Dalam rangka membuka
usaha Buerger Lahar, dalam pembelajaran mata kuliah Study Kelayakan Bisnis,
usaha ini bersifat agresif,kreatif,penuh perhitungan dan berorientasi pasar.
Usaha tersebut juga diharapkan mampu memberikan peluang kerja bagi mahasiswa,
khususnya Mahasiswa/i Universitas Medan Area (UMA). Sehingga Mahasswa/i
Universitas Medan Area memiliki suatu kegiatan yang inovatif dan kreatif,
sehingga mampu memberikan pembelajaran dalam suatu bisnis yang dijalankan.
1.5
Study Kelayakan Bisnis
Dari pengamatan
langsung di lapangan, Burger Lahar ini sangat diminati di lingkungan
masyarakat, baik di kalangan remaja maupun dewasa. Dimana pada tahap awal penjualan
ini memiliki kualitas rasa yang spesial(khas).
BAB II
INFORMASI UMUM
2.1
Profil Usaha
Nama
Usaha : KEDAIADEEVA
Jenis
Usaha : Kuliner
Produk :
Burger Lahar
Alamat
usaha : Jl. Setia gg. Pertama No.13,
Medan
2.2
Strategi Harga
Usaha
Buerger Lahar ini menggunakan strategi harga sesuai dengan kantung Mahasiswa/i.
Karena dengan penetapan harga yang murah dapat menjadi sebuah daya tarik calon
pembeli untuk membeli burger ini.
2.3
Strategi Pemasaran
Ada
beberapa strategi pemasaran untuk menjalankan usaha ini, antaralain :
a) Promosi
dari mulut ke mulut
b) Promosi
dengan menggunakan social media,
seperti BBM, Instagram dan LINE.
BAB III
ASPEK PRODUK
3.1 Gambaran
Produk
Pemilik
usaha Burger Lahar ini mempunyai ide dan novasi tersendiri dalam menciptakan
menu Burger yaitu Burger Lahar. Pemilik berharap dengan ide dan inovasi dalam
menjual Burger Lahar dapat menarik para pembeli, sehingga dapat meningkatkan
omset penjulan pemilik.
BAB IV
ANALISIS SWOT
a) Strenght (Kekuatan)
a) Mempunyai
ciri khas menu yang berbeda dengan usaha burger dan usaha burger yang lainnya
yaitu dengan topping sosis, smoked beef, dan topping komplit.
b) Tempatnya
straregis
c) Rasanya
sangat nikmat
d) Harganya
cukup terjangkau
e) Pelayanannya
memuaskan,rapi, dan bersih
b) Weakness (Kelemahan)
a) Tidak
cocok untuk orang yang tidak suka roti,sosis,dan smoked beef
b) Tidak
mempunyai cabang
c) Opportunity (Peluang)
a) Digemari
sebagian besar Mahasiswa/i
b) Ciri
khas menu menjadikan usaha ini sangat menjanjikan keuntungan yang cukup besar.
d) Threath (Ancaman)
a)
Banyak saingan
diluar sana
b)
Harga bahan baku
yang sewaktu – waktu bisa naik dapat menyebabkan kenaikan harga yang mungkin
dapat mengurangi pembeli
c)
Bila hujan turun
maka orang malas keluar rumah sehingga pembeli tidak begitu banyak (jarang)
BAB V
PERENCANAAN
KEUANGAN
5.1 Biaya
Tetap
Peralatan
|
Harga (Rp)
|
Stelling
|
1.500.000
|
Telenan
|
8.000
|
Kompor & Gas
|
330.000
|
Wajan
|
100.000
|
Panci
|
15.000
|
Meja
|
-
|
Kursi
|
-
|
Sendok & Garpu
|
50.000
|
Piring
|
40.000
|
Tissu
|
10.000
|
Pisau
|
20.000
|
Total
|
2.073.000
|
5.2
Biaya Variabel
Biaya Variabel
|
Nilai (Rp)
|
Roti
Warna
|
20.000/bks
|
Smoked
Beef
|
150.000
|
Sosis
|
150.000
|
Keju
Chedder Procis
|
20.000
|
Selada
|
5.000
|
Tomat
|
10.000/kg
|
Telur
|
30.000/ppn
|
Minyak
|
22.000/kg
|
Mentega
|
22.000/kg
|
Ayam
(tanpa tulang)
|
50.000/kg
|
Wortel
|
5.000/kg
|
Daun
Bawang & Sop
|
5.000
|
Bawang
Bombay
|
18.000/kg
|
Saus
Sambal
|
16.000/kg
|
Air
|
5.000
|
Penyedap
( Gula & Garam)
|
17.000
|
Air
Kaldu
|
35.000
|
Air
& Listrik
|
13.000
|
Total
|
575.000
|
Total
biaya keseluruhannya : Rp 2.073.000 +Rp
575.000 = Rp 2.648.000,-
BAB VI
PENUTUP
6.1 Kesimpulan
Burger merupakan salah satu produk makanan yang
banyak di gemari konsumen. Rasanya yang lezat dan murah harganya,yang ditawarkan
menjadikan produk tersebut sebagai alternatif tepat untuk menemani waktu santai
anda bersama rekan dan keluarga. Seiring dengan meningkatnya permintaan
konsumen, kini Burger Lahar mulai diinovasikan dengan berbagai topping seperti Sosis,Smoked beef, dan komplit. Meskipun
Burger Lahar ini belum terkenal dimasyarakat luas, namun perkembangannya sudah
sangat pesat, sehingga banyak konsumen yang tertarik dengan Burger Lahar ini.
6.2 Saran
Dalam melakukan suatu
usaha dituntut untuk serius dan fokus, kita tidak bisa melalui bisnis itu
setengah-setengah, meskipun usaha tersebut merupakan usaha sampingan. sudah
sewajarnya, apabila kita ingin memulai usaha belajar kepada mereka yang lebih
sukses agar kita dapat memilah mana yang pas dan mana yang kurang. Dengan
demikian, kita akan terhindar dari resiko yang lebih besar.
terimakasih telah berbagi makalah dengan materi yang menarik dan tentunya bermanfaat Kak...
BalasHapusAplikasi Kasir Restoran Android
Live Casino 2021: Best Casinos for Playing Slots Online
BalasHapus› casino › casino Nov 14, 2021 — Nov 14, 2021 luckyclub.live Live Casino is one of the best online casino websites in the world. Play real money casino games and win real money at top online casinos.