Selasa, 31 Mei 2016

Observasi Tugas Makalah Burger Lahar

MAKALAH
BURGER LAHAR
STUDY KELAYAKAN BISNIS
     Dosen Pengasuh :Tengku Fryska D Sinar SE.,Msi.,AK.,CA

DISUSUN OLEH:
AMALIA PRATIWI                 14.833.0088
SUCI AYU KHADIJAH            14.833.0026
PARDAMAIAN SINAGA        14.833.0170
HERYANDO SINAGA             14.833.0054
EDY PRABOWO                     14.833.0024

FAKULTAS EKONOMI- AKUNTANSI

UNIVERSITAS MEDAN AREA 2015/2016


KATA PENGANTAR
 Puji syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas segala limpahan rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas makalah “Study Kelayakan Bisnins  ini dengan baik. Yang diberikan oleh Ibu Tengku Friska D.Sinar,SE,M.Si,AK.CA selaku dosen pengasuh Study Kelayakan Bisnis. Makalah ini dibuat agar menambah  pengetahuan kita mengenai bagaimana cara menjalankan suatu usaha.
Sebelum kita melangkah lebih jauh,diperlukan suatu pemahaman khusus mengenai hal-hal mendasar dalam mendirikan suatu usaha . Ini diperlukan untuk menerapakn cara berfikir, bersikap, dan bertindak dalam rangka membuka peluang dalam suatu usaha. Untuk itu, penulisan makalah ini, diharapkan dapat bermanfaat bagi kita semua termasuk penulis.
Penulisan makalah ini dapat terselenggara berkat dukungan dari narasumber dan teman-teman satu tim
Kami  mohon maaf jika makalah ini memiliki banyak kekurangan, maka dari itu kami mengharapkan agar para pembaca makalah ini dapat memberikan saran serta kritiknya untuk perbaikan yang semestinya.
                                                                   Medan,    Juni 2016

   Penulis





DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR
BAB 1 PENDAHULUAN
                ........................................................................................... 1
            1.1 Latar Belakang                   ........................................................................................... 1
            1.2 Rumusan Masalah             ........................................................................................... 1
            1.3 Tujuan Penulisan               ........................................................................................... 2
            1.4 Tujuan Pengembangan Usaha ..........................................................................................2
            1.5 Study Kelayakan Bisnis     ........................................................................................... 2
BAB 2 INFORMASI UMUM           ........................................................................................... 3
2.1 Profil Usaha                                   ........................................................................................... 3
2.2 Strategi Harga                    ........................................................................................... 3
2.3 Strategi Pemasaran             ........................................................................................... 3
BAB 3 ASPEK PRODUK                 ........................................................................................... 4
            3.1 Gambaran Produk              ........................................................................................... 4
BAB 4 ANALISIS SWOT                ........................................................................................... 5
BAB 5 PERENCANAAN KEUANGAN .................................................................................... 6
            5.1 Biaya Tetap                                   ........................................................................................... 6
            5.2 Biaya Variabel                   ........................................................................................... 6-7
BAB 6 PENUTUP                             ........................................................................................... 8
            6.1 Kesimpulan                                   ........................................................................................... 8
            6.2 Saran                                 ........................................................................................... 8




BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Melihat perkembangan zaman dan lingkungan maka orang sekarang mulai berhati-hati dalam memilih dan membeli sesuatu. Salah satu hal dimana orang sangat berhati-hati dan teliti sekali dalam memilih dan membeli adalah ketika masyarakat membeli makanan. Zaman dulu orang membeli makanan hanya berpedoman pada rasanya yang enak dan murah, ini terutama bagi kalangan menengah kebawah. Dua hal inilah yang menjadi prioritas utama dalam membeli makanan. Mereka tidak begitu memikirkan kandungan gizi dan nutrisi yang terkandung didalam makanan yang mereka beli. Akan tetapi akhir-akhir ini kecenderungan masyarakat kita dalam membeli makanan adalah memperhatikan rasa,gizi yang terkandung dalam makanan tersebut,baru kemudian memikirkan harga.

Oleh karena itu Burger Lahar menjadi pilihian masyarakat untuk dijadikan makanan penunda lapar, dimana dari segi rasa Burger menawarkan rasa yang di tawarkan dan enak,dari segi gizi juga memenuhi kebutuhan gizi manusia.

Burger  merupakan salah satu produk makanan yang banyak di gemari konsumen. Rasanya yang lezat dan murah harganya,yang ditawarkan menjadikan produk tersebut sebagai alternatif tepat untuk menemani waktu santai anda bersama rekan dan keluarga. Seiring dengan meningkatnya permintaan konsumen, kini Burger Lahar mulai diinovasikan dengan berbagai topping seperti Sosis,Smoked beef, dan komplit. Meskipun Burger Lahar ini belum terkenal dimasyarakat luas, namun perkembangannya sudah sangat pesat, sehingga banyak konsumen yang tertarik dengan Burger Lahar ini.

1.2 Rumusan Masalah
1)      Mengapa memilih nama KEDAIADEEVA?
2)      Berapa modal awal pendirin usaha?
3)      Bagaimana cara mempromosikan usaha ini?

1.3 Tujuan Penulisan
Makalah ini disusun tidak hanya sekedar untuk memenuhi tugas tetapi juga bagi pembaca agar dapat mengetahui permaslahan yang muncul serta pembahasan yang menjadi jalan keluar atas masalah yang dihadapi burger lahar.

1.4 Tujuan Pengembangan Usaha
Dalam rangka membuka usaha Buerger Lahar, dalam pembelajaran mata kuliah Study Kelayakan Bisnis, usaha ini bersifat agresif,kreatif,penuh perhitungan dan berorientasi pasar. Usaha tersebut juga diharapkan mampu memberikan peluang kerja bagi mahasiswa, khususnya Mahasiswa/i Universitas Medan Area (UMA). Sehingga Mahasswa/i Universitas Medan Area memiliki suatu kegiatan yang inovatif dan kreatif, sehingga mampu memberikan pembelajaran dalam suatu bisnis yang dijalankan.

1.5 Study Kelayakan Bisnis
Dari pengamatan langsung di lapangan, Burger Lahar ini sangat diminati di lingkungan masyarakat, baik di kalangan remaja maupun dewasa. Dimana pada tahap awal penjualan ini memiliki kualitas rasa yang spesial(khas).










BAB II
INFORMASI UMUM

2.1   Profil Usaha
Nama Usaha    : KEDAIADEEVA
Jenis Usaha     : Kuliner
Produk                        : Burger Lahar
Alamat usaha  : Jl. Setia gg. Pertama No.13, Medan

2.2                        Strategi Harga
Usaha Buerger Lahar ini menggunakan strategi harga sesuai dengan kantung Mahasiswa/i. Karena dengan penetapan harga yang murah dapat menjadi sebuah daya tarik calon pembeli untuk membeli burger ini.

2.3                         Strategi Pemasaran
Ada beberapa strategi pemasaran untuk menjalankan usaha ini, antaralain :
a)      Promosi dari mulut ke mulut
b)      Promosi dengan menggunakan social media, seperti BBM, Instagram dan LINE.










BAB III
ASPEK PRODUK

3.1 Gambaran Produk

                Pemilik usaha Burger Lahar ini mempunyai ide dan novasi tersendiri dalam menciptakan menu Burger yaitu Burger Lahar. Pemilik berharap dengan ide dan inovasi dalam menjual Burger Lahar dapat menarik para pembeli, sehingga dapat meningkatkan omset penjulan pemilik.



BAB IV
ANALISIS SWOT
a)     Strenght (Kekuatan)
a)      Mempunyai ciri khas menu yang berbeda dengan usaha burger dan usaha burger yang lainnya yaitu dengan topping sosis, smoked beef, dan topping komplit.
b)      Tempatnya straregis
c)      Rasanya sangat nikmat
d)     Harganya cukup terjangkau
e)      Pelayanannya memuaskan,rapi, dan bersih

b)    Weakness (Kelemahan)
a)      Tidak cocok untuk orang yang tidak suka roti,sosis,dan smoked beef
b)      Tidak mempunyai cabang

c)     Opportunity (Peluang)
a)      Digemari sebagian besar Mahasiswa/i
b)      Ciri khas menu menjadikan usaha ini sangat menjanjikan keuntungan yang cukup besar.

d)    Threath (Ancaman)
a)      Banyak saingan diluar sana
b)      Harga bahan baku yang sewaktu – waktu bisa naik dapat menyebabkan kenaikan harga yang mungkin dapat mengurangi pembeli
c)      Bila hujan turun maka orang malas keluar rumah sehingga pembeli tidak begitu banyak (jarang)




BAB V
PERENCANAAN KEUANGAN

5.1  Biaya Tetap
Peralatan
Harga (Rp)
Stelling
1.500.000
Telenan
8.000
Kompor & Gas
330.000
Wajan
100.000
Panci
15.000
Meja
-
Kursi
-
Sendok & Garpu
50.000
Piring
40.000
Tissu
10.000
Pisau
20.000
Total
2.073.000

5.2 Biaya Variabel
Biaya Variabel
Nilai (Rp)
Roti Warna
         20.000/bks
Smoked Beef
 150.000
Sosis
 150.000
Keju Chedder Procis
  20.000
Selada
   5.000
Tomat
      10.000/kg
Telur
30.000/ppn
Minyak
      22.000/kg
Mentega
22.000/kg
Ayam (tanpa tulang)
50.000/kg
Wortel
5.000/kg
Daun Bawang & Sop
        5.000
Bawang Bombay
18.000/kg
Saus Sambal
16.000/kg
Air
             5.000
Penyedap ( Gula & Garam)
       17.000
Air Kaldu
        35.000
Air & Listrik
         13.000
Total
         575.000

Total biaya keseluruhannya    : Rp 2.073.000 +Rp 575.000 = Rp 2.648.000,-












BAB VI
PENUTUP
6.1 Kesimpulan
Burger  merupakan salah satu produk makanan yang banyak di gemari konsumen. Rasanya yang lezat dan murah harganya,yang ditawarkan menjadikan produk tersebut sebagai alternatif tepat untuk menemani waktu santai anda bersama rekan dan keluarga. Seiring dengan meningkatnya permintaan konsumen, kini Burger Lahar mulai diinovasikan dengan berbagai topping seperti Sosis,Smoked beef, dan komplit. Meskipun Burger Lahar ini belum terkenal dimasyarakat luas, namun perkembangannya sudah sangat pesat, sehingga banyak konsumen yang tertarik dengan Burger Lahar ini.

6.2 Saran
Dalam melakukan suatu usaha dituntut untuk serius dan fokus, kita tidak bisa melalui bisnis itu setengah-setengah, meskipun usaha tersebut merupakan usaha sampingan. sudah sewajarnya, apabila kita ingin memulai usaha belajar kepada mereka yang lebih sukses agar kita dapat memilah mana yang pas dan mana yang kurang. Dengan demikian, kita akan terhindar dari resiko yang lebih besar.



2 komentar:

  1. terimakasih telah berbagi makalah dengan materi yang menarik dan tentunya bermanfaat Kak...
    Aplikasi Kasir Restoran Android

    BalasHapus
  2. Live Casino 2021: Best Casinos for Playing Slots Online
    › casino › casino Nov 14, 2021 — Nov 14, 2021 luckyclub.live Live Casino is one of the best online casino websites in the world. Play real money casino games and win real money at top online casinos.

    BalasHapus